3D GENERATED SCENE BASED ON 2D IMAGE WITH GENERATIVE QUERY NETWORK ( GQN )
Memproduksi scene 3D secara otomatis dan hanya bermodalkan gambar
2D.
Julian Akbar Renaldi – Mahasiswa Teknologi Game Politeknik
Elektronika Negeri Surabaya
Surabaya – Scene atau ruangan 3D pada saat ini hanya bisa diproduksi secara manual melalui modelling di software 3D. Tentu hal ini membutuhkan waktu yang tidak singkat dan skill yang mumpuni untuk bisa membuat asset model 3D. Oleh karena itu dengan adanya Generative Query Network ( GQN ) waktu development asset 3D pada game dapat dipercepat hanya dengan mengandalkan gambar 2D. Melalui data ini, GQN akan memproses scene 3D secara otomatis.
GQN adalahjaringan saraf / nerural
network yang dapat mengajarkan dirinya sendiri untuk 'membayangkan' sebuah scene
dari sudut pandang yang berbeda, berdasarkan hanya satu gambar. Manusia
menggunakan jenis inferensi visual dan spasial, yang disebut penalaran relasional,
sepanjang waktu, dari menebak berapa banyak cerita yang dimiliki gedung
pencakar langit atau mengumpulkan bukti dari TKP. Dan mirip dengan bagaimana bayi
manusia belajar, GCN belajar dengan mencoba memahami pengamatannya di seluruh
dunia di sekitarnya. Dengan demikian, GCN belajar tentang adegan yang masuk
akal dan sifat geometrisnya, tanpa pelabelan manusia apa pun dari konten
adegannya.
GCN terdiri dari dua bagian: jaringan
representasi dan jaringan generasi. Representasi mengambil pengamatan agen
sebagai masukan dan menghasilkan vektor representasi yang menggambarkan adegan
yang mendasarinya. Dari vektor representasi ini, jaringan generasi memprediksi,
‘imagines’, pemandangan dari sudut pandang yang sebelumnya tidak teramati.
Gagasan yang kuat di sini adalah bahwa GCN menempatkan semua elemen dan
hubungan yang paling penting dari input 2D, seperti posisi objek, warna, dan
tata lingkungan, dengan cara abstrak yang sangat padat, meninggalkan generasi
untuk mengisi rincian bila perlu.
Dengan adanya automasi pada proses
pengerjaan asset game berbasis 3D maka waktu pengerjaan game akan lebih cepat.
Serta biaya pengeluaran untuk pengerjaan game dapat dipangkas. Dengan hadirnya
GQN proses pembuatan asset 3D game dapat dipercepat dan dipermudah hanya dengan
menggunakan hasil dari concept art 2D.
Comments
Post a Comment